DSC 2109 300x200 Tanoto Forestry Information Center Fakultas Kehutanan IPBDirektur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia, Dr. Muhamad Dimyati meresmikan Tanoto Forestry Information Center Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) di kampus IPB Darmaga Bogor, Senin (21/12). Peresmian secara simbolis ditandai dengan penanaman pohon dan pengguntingan untaian melati.
Dr. Muhamad Dimyati mengatakan, “Hutan yang indah dan lestari ini merupakan satu bentuk landscape yang mempunyai peran dan fungsi luar biasa, dalam memberikan kemaslahatan dan kesejahteraan bagi masyarakat dan mahluk hidup di sekitarnya. Mengemban fungsi konservasi, hutan merupakan tempat flora dan fauna berkembang biak secara alami, sehingga hutan betul-betul harus dilindungi, dijaga dan dipelihara dengan penuh tanggung jawab. Dengan hadirnya Tanoto Forestry Information Center di Kampus IPB, ini merupakan terobosan dan harapan baru bagi dunia kehutanan di Indonesia untuk terus berkembang dan terpelihara dengan baik”.

Sementara itu, Rektor IPB Prof.Dr. Herry Suhardiyanto mengatakan, “Atas nama IPB diucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan Tanoto Foundation yang telah konsisten memberikan dukungan bagi pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya di IPB”.
Ketua Dewan Pembina Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto menjelaskan, “Gedung Tanoto Fotrestry Information Center yang merupakan hasil kerjasama dengan Fakultas Kehutanan IPB ini diharapkan menjadi pusat informasi kehutanan terkemuka. Selanjutnya dapat menyediakan informasi kehutanan melalui jurnal elektronik, mendukung berbagai penelitian terkait kehutanan serta menjadi penghubung jejaring ahli-ahli kehutanan nasional dan internasional”.
Peletakan batu pertama pembangunan Tanoto Forestry Information Center dilakukan pada tanggal 28 November 2012 oleh Wakil Rektor bidang Riset dan Kerjasama IPB, Prof.Dr. Anas Miftah Fauzi. Fasilitas gedung tiga lantai ini meliputi ruang diskusi, perpustakaan, ruang audio visual dan ruang kegiatan himpunan profesi mahasiswa IPB. Kemitraan Tanoto Foundation dan IPB tidak berhenti pada pembangunan gedung Tanoto Forestry Information Center, tetapi akan terus berlanjut dalam pemanfaatan fasilitas selanjutnya.
Tampak hadir dalam kesempatan ini diantaranya Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. Henry Bastaman; Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) IPB Prof.Dr. M.A. Chozin; Ketua Senat Akademik (SA) IPB Prof.Dr. Tridoyo Kusumastanto; Sekretaris Dewan Guru Besar (DGB) IPB, Prof.Dr. Muh. Yusram Massijaya; dan Dekan Fakultas Kehutanan IPB Dr Rinekso Soekmadi. (awl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *