fmsc 300x272 PELATIHAN DESAIN GRAFIS MNHBagi kamu yang sudah malang melintang di dunia desain grafis tentu tahu jika profesi ini dipenuhi dengan banyak istilah. Namun bagi pemula dan kalangan yang  masih belajar desain grafis, terkadang beberapa istilah masih terdengar asing ditelinga.  Oleh karena itulah Divisi PSDM yang memiliki pandangan ke depan tekait sumberdaya dalam organisasi di FMSC dan Divisi Infokom yang memang banyak berkiprah dalam bidang tersebut, membuat satu kegiatan  yang berkaitan dengan desain grafis.

Divisi PSDM yang bekerjasama dengan divisi Infokom telah mengadakan kegiatan desain grafis yang bertemakan “Tingkatkan Kreatifitas melalui Corel Draw”. Kegiatan ini merupakan suatu pelatihan minat dan bakat terkait desain grafis. Kegiatan ini telah  dilaksanakan pada Senin, 7 Juni 2016 yang berlokasi di LPPU DMNH. Pelatihan desain grafis ini meliputi pengenalan basic toolbar pada corel draw x7 , penerapan pembuatan poster dan pembuatan logo sederhana. Pemateri dalam pelatihan ini adalah Sardianto (MNH 49) dan Viar (MNH 49).

Kegiatan ini tidak memungut biaya dari para peserta meskipun begitu, para peserta tetap mendapatkan sertifikat dan peserta akan dihibur dengan adanya doorprize. Menurut salah satu peserta, kegiatan seperti ini seharusnya memang rutin diadakan dalam sebuah organisasi kemahasiswaan, karena kegiatan ini dapat menambah kemampuan softskill yang tidak bisa didapatkan di kuliah. Selain itu kegiatan ini dapat menguntungkan bagi yang menggelutinya, selain menambah pengalaman dan ilmu, ajang pelatihan ini juga dapat digunakan dalam membuka lahan usaha yang ada kaitannya dengan bidang desain grafis. Pelatihan sistem corel draw ini sangat diperlukan dalam sebuah organisasi dalam pembuatan sesuatu yang berkaitan dengan publikasi atau informasi dari suatu kegiatan organisasi seperti menciptakan desain logo atau simbol. Corel draw banyak dimanfaatkan oleh penggunanya untuk pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna. Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga merupakan kegunaan dari program corel draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan corel draw sebagai alat untuk mendesain. Corel draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat. Membuat cover buku juga dapat dilakukan di corel draw. Dengan corel draw maka tugas desain akan menjadi lebih mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna dari corel draw, detail gambar pun akan terlihat lebih jelas. Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan corel draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat. Hal-hal yang telah disebutkan di atas yang membuat FMSC mengadakan kegiatan pelatihan desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *