Perencanaan 269x300 Yuk Kenali Kelompok Studimu Lebih Dekat! (bagian 2: Kelompok Studi Perencanaan)Kelompok studi perencanaan merupakan kelompok studi yang mengkaji  keilmuan dengan fokus utama bidang perencanaan hutan.  KS Perencanaan lebih menekankan pada peningkatan kemampuan anggota KS dalam kegiatan-kegiatan dasar perencanaan. Kegiatan-kegiatan dasar tersebut antara lain: pengenalan dan penggunaan alat inventarisasi hutan (seperti : pita ukur, haga hypsometer, spiegel relaskop, phiband, caliper, bitterlich stick, garpu pohon, biltmore stick, dan alat ukur dimensi pohon lainnya), pengenalan GPS, dan juga pengenalan cara pemetaan wilayah. Kegiatan dasar tersebut diharapkan dapat mempermudah dalam kegiatan perkuliahan dan juga program kerja FMSC, terutama kegiatan-kegiatan praktik lapang. Penanggung jawab kelompok studi perencanaan untuk periode 2016-2017 sendiri adalah Wildan Anas Pratita (E14140070) yang merupakan mahasiswa manajemen hutan angkatan 51 dan pembinanya adalah Bapak Priyanto SHut,MSi.

Kelompok studi perencanaan memiliki program yang sudah dilaksanakan yaitu IPB Carbon Count atau yang lebih sering disebut  ICC. ICC merupakan kegiatan inventarisasi pohon yang berada di sekitar IPB dengan tujuan untuk menghitung ketersediaan karbon yang dihasilkan dari pohon yang telah diinventarisasi di wilayah IPB. Kemudian hasil perhitungan yang didapatkan ini dibandingkan dengan hasil pengukuran sebelumnya, apakah mengalami peningkatan atau pengurangan jumlah ketersediaan karbon. Selain ICC, kelompok studi perencanaan juga terlibat dalam beberapa proker besar FMSC yaitu kegiatan ESM dan Eksflorasi HHBK. Anggota kelompok studi perencanaan akan mendampingi kelompok studi lain sebagai peneliti dalam kedua ekspedisi besar FMSC tersebut, khususnya dalam kegiatan pemetaan wilayah.

Yuk Dengar Kata Mereka tentang KS Perencanaan!

KS Perencanan  merupakan kumpulan mahasiswa dan mahasiswi manajemen hutan yang berminat dan ingin mengkaji keilmuan perencanaan pada manajemen hutan. Dulu memilih KS Perencaanaan karena berminat di bidang perencanaan hutan dan ingin mendapatkan link lebih intens di lingkungan perencanaan. Kesan selama bergabung di KS perencanaan yaitu ada manis, ada semua rasa dan yang pasti merasa bersyukur” (Widya R Pradana, PJ KS Perencanaan Periode 2015-2016)

“ Senang bisa menjadi bagian dari KS Perencanaan dan mengenal lebih abang, teteh, dan teman-teman yang kece – kece di KS Perencanaan. Pengalaman dan ilmu yang diperoleh selama menjadi anggota KS sangat berguna di kegiatan aplikatif keprofesian seperti ESM dan E-HHBK. Ketertarikan masuk KS Perencanaan berawal dari masa pengenalan himpro, yang menurut saya KS Perencanaan itu manajemen hutan banget. Selain itu materi KS yang mempelajari cara – cara penggunaan ala dan pemetaan wilayah sangat menarik untuk dipelajari lebih dalam” (Wildan Anas Pratita PJ KS Perencanaan Periode 2016-2017)

“KS Perencanaan adalah kelompok studi yang mewadahi mahasiswa dan mahasiswi manajemen hutan yang memiliki minat dalam bidang perencanaan hutan. Selama mengikuti KS Perencanaan saya mendapatkan pengalaman dan materi mengenai inventarisasi hutan. Dulu memilih untuk bergabung dengan KS perencanaan karena menurut saya KS Perencanaan lebih menarik perhatian saya. Kesan selama bergabung di KS Perencanaan good enough” (N M T Gangga Dewi, Anggota KS Perencanaan)

“KS Perencanaan itu sebenarnya mengasyikan karena disini kita bisa belajar lebih mengenai perencanaan dari sisi teknologinya, seperti penggunaan GPS atau pengukuran tinggi menggunakan teknologi laser. Selain itu kegiatan ICC merupakan kegiatan yang bisa menyumbang sesuatu baik itu untuk fakultas ataupun IPB” ( Mega Dinda Larasati, Anggota KS Perencanaan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *