Pohon Gaharu Kayu Termahal di Dunia 300x200 Pohon Gaharu: Kayu Termahal di Dunia Penghasil Miliaran RupiahPohon Gaharu merupakan pohon termahal di dunia. Bahkan, harga pohon gaharu dapat melebihi harga pohon Jati ataupun pohon Ulin (Kayu Besi) sekalipun, apalagi bila dibandingkan dengan pohon Sengon.

Harga terendah dari 1 kg kayu Gaharu adalah 300 ribu rupiah, sedangkan harga tertinggi kayu Gaharu dapat mencapai lebih dari 100 juta rupiah per kilogram-nya. Di pasaran sendiri kayu ini rata-rata dijual dengan harga 10 sampai dengan 35 juta per kilogram.

Pohon ini sudah dapat dipanen dalam kurun waktu 5 tahun serta besarnya pohon ini memiliki rata-rata diameter 40 cm hingga 60 cm dan tingginya dapat mencapai 40 m. Artinya apabila dikonversi satu pohon saja dapat menghasilkan puluhan kilogram kayu gaharu.

Pasar dari kayu Gaharu pun tidak main-main. Kayu Gaharu ini sangat diminati oleh negara-negara timur tengah, seperti Arab Saudi, Qatar, Yaman, Oman, Palestina, Suriah, Turki, Persia, Iran, Kuwait, dan Irak. Selain itu, Tiongkok, Korea, Jepang, Amerika Serikat, dan Singapura pun menjadi negara importir kayu Gaharu yang cukup potensial dewasa ini.

Di Indonesia sendiri terdapat Asosiasi Gaharu Indonesia (Asgarin) yang dapat dijadikan teman untuk berdiskusi mengenai bisnis ini dan membuka pasar luas negeri. Jadi dengan ada jejaring dari Asgarin ini anda dapat bertukar pikiran dengan para pebisnis senior yang telah terlebih dahulu melakukan bisnis menjanjikan ini.

1. Mengapa Kayu Gaharu Bisa Mahal?

Berdasarkan ilmu ekonomi, suatu produk mempunyai harga yang tinggi akibat adanya permintaan yang tinggi sedangkan produk yang ada terbatas.

Sama halnya dengan kayu Gaharu ini, kayu Gaharu sangat jarang ditemukan dan memiliki nilai jual yang tinggi akibat manfaatnya yang luar biasa.

Lantas apa yang membedakan kayu Gaharu dengan kayu jenis lainnya?

Yang membedakan kayu ini dengan kayu yang lainnya adalah pada bagian gubal kayu.

Gubal dan Teras 300x185 Pohon Gaharu: Kayu Termahal di Dunia Penghasil Miliaran RupiahGubal kayu adalah bagian dalam batang kayu yang umumnya memiliki saluran untuk mengalirkan air dari akar (xylem). Gubal kayu ini dibatasi dan dikelilingi oleh bagian teras kayu.

 

 

 

Secara alami pada umur 25 tahun biasanya pohon ini terserang penyakit yang menyerang bagian gubal kayu.

Penyakit pada gubal kayu ini disebabkan oleh virus Fusarium sp. akibatnya gubal kayu menimbulkan wangi yang khas dan sangat nyaman untuk dihirup. Hal inilah yang membedakan kayu biasa dengan kayu Gaharu.

2. Manfaat Kayu Gaharu

Manfaat kayu Gaharu bukan dijadikan sebagai kayu untuk bahan bangunan, meubeul, atau semacamnya. Seperti telah disebutkan di atas, kayu Gaharu dimanfaatkan untuk menikmati aroma khas dari bagian gubalnya.

Secara lebih rinci berikut pemanfaatan kayu Gaharu:

  • Dijadikan parfum atau aksesoris
  • Obat untuk terapi penyakit tertentu
  • Aromanya dijadikan antidepresan (anti depresi)
  • Bahan penambah sampo, kosmetik, dan parfum
  • Digunakan untuk ritual adat tertentu (membakar dupa)
  • Bahan baku tasbih
  • Mengatasi masalah sembelit, kembung, ginjal, diare, dan masuk angin
  • Meringankan penyakit hipertensi dan sesak nafas

Kayu Gaharu untuk menjadi produk yang siap pakai biasanya diolah dengan teknik distilasi uap sehingga minyak dan senyawa aromatik dalam kayu ini terpisah dari bagian kayunya.

Selain dengan metode tersebut, biasanya juga kayu Gaharu langsung dibakar. Metode ini biasanya digunakan pada saat acara-acara ritual kebudayaan.

3. Status Kelangkaan Pohon Gaharu

Akibat dari maraknya pemanfaatan kayu Gaharu, pada tahun 1994 dalam konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat menetapkan perdagangan kayu Gaharu (terutama dari spesies Aquilaria malaccensis yang termasuk dalam Appendix II) dibatasi karena berkurangnya populasi spesies ini dengan cukup cepat.

Berkurangnya populasi A. malaccensis dengan cepat ini pula diakibatkan oleh ketidakmampuan petani Gaharu untuk mengenali apakah pohon Gaharu mengandung minyak Gaharu atau tidak, sehingga petani Gaharu ini menebang semua pohon Gaharu (termasuk pohon Gaharu yang tidak memiliki minyak Gaharu).

Secara lebih rinci tabel di bawah ini menampilkan jenis-jenis pohon Gaharu beserta status kerentanan terhadap kepunahan berdasarkan IUCN Redlist.

Nama Latin Nama Lokal Status Kerentanan IUCN
Aquilaria beccariana Mengkaras, Gaharu, dan Gumbil Nyabak Rentan (Vulnerable)
Aquilaria cumingian Gaharu Rentan (Vulnerable)
Aquilaria filaria Gaharu Rentan (Vulnerable)
Aquilaria hirta Gaharu Rentan (Vulnerable)
Aquilaria malaccensis Ahir, Karas, Gaharu, Garu, Halim, Kereh, Mengkaras, dan Seringak Rentan (Vulnerable)
Aquilaria microcarpa Ntaba, Tangkaras, Engkaras, Karas, dan Garu Tulang Rentan (Vulnerable)

4. Jenis-Jenis Gaharu

Kingdom Plantae
Divisi Angiosperms
Kelas Dycotyledon
Ordo Malvales
Famili Thymelaeaceae
Genus Aquilaria
Spesies Aquilaria spp.

Kayu Gaharu sebenarnya bukan hanya dari genus Aquilaria, tetapi hampir semua jenis dari famili Thymelaeaceae dapat menghasilkan kayu Gaharu. Namun biasanya kayu Gaharu yang berkualitas baik dihasilkan oleh spesies Aquilaria malaccensis.

Berdasarkan kualitasnya, kayu Gaharu dibedakan menjadi kelas-kelasnya dari yang paling bagus ke paling jelek pada tabel di bawah ini.

Tabel Kualitas Kelas Gaharu 300x253 Pohon Gaharu: Kayu Termahal di Dunia Penghasil Miliaran Rupiah

 

 

 

5. Morfologi Pohon Gaharu

Pohon Gaharu termasuk pohon yang dapat tumbuh besar dan tinggi. Diameter rata-rata 40 hingga 60 cm pada usia dewasa dan tingginya dapat mencapai 40 meter.

Daun dan Bunga Pohon Gaharu 300x225 Pohon Gaharu: Kayu Termahal di Dunia Penghasil Miliaran RupiahDaun dari berbagai pohon Gaharu berbentuk lonjong memanjang dengan panjang 5 – 8 cm serta memiliki lebar 3 -4 cm. Ujung daun runcing dengan tampilan permukaan daun mengkilap.

Bunga dari berbagai jenis pohon Gaharu ini terdapat pada bagian atas atau bawah ketiak daun, atau dapat juga tumbuh pada bagian ujung ranting. Warna bunga ini hijau atau kadang kala kuning. Buah yang dihasilkan berbentuk bulat telur dengan ukuran 5 x 3 cm, sedangkan bijinya berbentuk bulat atau bulat telur dengan rambut-rambut halus yang berwarna merah.

Batang Pohon Gaharu 300x150 Pohon Gaharu: Kayu Termahal di Dunia Penghasil Miliaran RupiahBatang dari pohon-pohon genus Aquilaria ini tidak berbanir, lurus, dan berkayu keras. Kulit pohon berwarna coklat keputihan dengan tekstur halus. Tajuk berbentuk membulat, lebat, dengan percabangan mendatar (horizontal).

 

 

6. Persebaran Pohon Gaharu

Sejumlah 20 spesies Gaharu yang ada di dunia tersebar alami di negara-negara Asia Tenggara, Tiongkok, sampai India.Di Indonesia sendiri terdapat 6 spesies yang menyebar alami di pulau Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan Sumatera.

Lebih lengkap mengenai penyebaran pohon Gaharu terdapat dalam tabel di bawah ini

Nama Latin Penyebaran
Aquilaria beccariana Indonesia (Kalimantan dan Sumatera) dan Semenanjung Malaya
Aquilaria cumingian Indonesia (pulau Morotai dan Halmahera di Maluku) dan Filipina
Aquilaria filaria Indonesia (Morotai, Seram, Ambon, Nusa Tenggara, dan Papua)
Aquilaria hirta Indonesia (Sumatera) dan Semenanjung Malaya
Aquilaria malaccensis Indonesia (Sumatera, Simalue, dan Kalimantan), Filipina (Luzon), India (Assam), Bangladesh, Myanmar, dan Malaysia (Semenanjung Malaya, Sabah, dan Serawak)
Aquilaria microcarpa Indonesia (Sumatera, Bangka, Belitung, dan Kalimantan) dan Malaysia (Semenanjung Malaya, Sabah, dan Serawak)
Aquilaria apiculata Mindanao, Filipina
Aquilaria bailonii Vietnam, Laos, dan Kamboja
Aquilaria banaense Vietnam
Aquilaria brachyantha Filipina dan Luzon
Aquilaria citrinicarpa Filipina dan Mindanau
Aquilaria crassna Vietnam, Kamboja, dan Laos
Aquilaria khasiana India
Aquilaria parvifolia Luzon, Filipina
Aquilaria rostrata Malaysia
Aquilaria rugosa Vietnam
Aquilaria sinensis Tiongkok
Aquilaria subintegra Thailand
Aquilaria urdantesis Mindanau, Filipina
Aquilaria yunnanensis Tiongkok

Selain dari famili Thymelaceae, Gaharu juga dapat ditemukan pada spesies yang ber-famili Euphorbiaceae dan Leguminoceae. Berikut adalah spesies penghasil Gaharu selain dari jenis Aquilaria spp.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *