hari peduli sampah 300x147 300x147 Throw The Trash : Antara Kesadaran diri dan FasilitasSampah merupakan suatu limbah dari sebuah proses maupun kegiatan. Sifatnya yang sudah tidak dibutuhkan membuat sampah sering disia – siakan. Di Hari Peduli Sampah yang jatuh pada tanggal 21 Februari ini, FMSC mengajak teman – teman untuk semakin peduli akan sampah khususnya dalam hal membuang sampah pada tempatnya. Kesadaran diri sangat diperlukan dalam hal memperlakukan sampah, apakah sampah akan dibuang pada tong sampah atau pada tempat – tempat yang tidak seharusnya. Lalu mana yang harus didahulukan? Kesadaran diri dulu yang harus dibentuk atau fasilitas yang harus disediakan?

Banyak teman – teman kita sering membuang sampah sembarangan , saat ditanya mereka mengatakan bahwa karena tidak adanya fasilitas yang mendukung membuatnya seperti itu. Hal ini wajar jika tidak ada fasilitas yang medukung, itu yang mereka katakan. Padahal sampah bisa saja disimpan dulu sampai nanti bertemu tong sampah. Persepsi lain juga mengatakan bahwa sampah – sampah berbahan organik tidak masalah untuk dibuang di sembarang tempat karena bisa melapuk. Padahal sekalipun berbahan organik, sampah ini tidak dapat melapuk hanya dalam sehari melainkan juga melewati beberapa proses yang panjang. Fasilitas memang penting untuk disediakan, namun kesadaran diri merupakan faktor yang lebih utama untuk mengendalikan perilaku membuang sampah sembarangan.

Di berbagai tempat seperti pantai, hutan maupun kawasan wisata lain seringkali tercemari sampah yang dibawa oleh para pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Pihak pengelola acap kali juga tidak dapat menyediakan tempat sampah dikarenakan keterbatasan dana maupun sulitnya kodisi geografis tempat, namun hal ini harusnya tidak mempengaruhi kita untuk tetap menjaga kebersihan. Laut, hutan, pantai merupakan kekayaan alam yang diberikan Tuhan kepada kita untuk dijaga, bukan untuk dirusak. Kelestarian ekosistem juga harus diperhatikan dengan lebih awas. Jadi, sebagai manusia sudah sepatutnya kita untuk lebih bertanggungjawab pada perbuatan yang akan kita lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *