Untitled 1 300x225 300x225 Hambatan Pemanfaatan dan Pengelolahan HutanKehutanan adalah suatu praktik untuk membuat, mengelola, menggunakan dan melestarikan hutan untuk kepentingan manusia. Hutan sangatlah penting bagi kehidupan manusia karena hampir dari sepertiga permukaan bumi ditutupi oleh hutan dan juga menjadi rumah bagi dua pertiga spesies darat di seluruh dunia. Maka wajar jika manusia menjadikan hutan untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia. Pengelolahan hutan dengan baik dapat memberi pengaruh besar bagi masyarakat. Terdapat hambatan masyarakat dalam mengelola sumberdaya hutan, tidak adanya kesadaran untuk memanfaatkan hutan secara bersama sama dan unsur kelangkaan sumberdaya hutan menjadi pertimbangan penting bagi pemanfaatan dan pengelolahan hutan.

Kesadaran untuk  memanfaatkan hutan secara bersama-sama sangat mutlak dibutuhkan. Tetapi kesadaran masyarakat saat ini sangatlah rendah, dilihat dari kegiatan sehari-hari misalnya masih membuang sampah sembarangan, membakar sampah dianggap sebagai membuang sampah yang paling praktis, penebangan dan perusakan hutan tanpa penanaman kembali, pembangunan perumahan maupun perkantoran tanpa memperhitungkan resapan air ke dalam tanah dan masih banyak hal yang lainnya. Meningkatkan kesadaran untuk melestarikan hutan  dimulai dengan kesadaran diri kita sendiri seperti kesadaran membuang sampah pada tempatnya dan menyimpan sampah jika tidak terdapat fasilitas tempat sampah dan juga dengan melakukan program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan penyadartahuan dan pendampingan pada masyarakat secara intensif serta melibatkan scara lagsung masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan pengelolahan hutan.

Unsur kelangkaan sumberdaya pada hutan merupakan hambatan bagi pemanfaatan dan pengelolahan hutan. Kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan , dengan singkat kata kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih bayak dari pada jumlah barang dan jasa yang tersedia. Faktor penyebab kelangkaan seperti keterbatasan sumber daya , perbedaan letak geografis, bertambahnya jumlah penduduk, keterbatasan kemampuan produksi, dan bencana alam. Hal ini dapat di atasi dengan membuat inovasi teknologi terbaru untuk mengatasi problema kelangkaan hutan dan juga dengan memanfaatkan dan mengelola hutan dengan cara yang bijak misalnya menebang satu pohon sama dengan menanam tiga buah bibit pohon lalu merawatnya hingga bibit pohon tersebur menjadi pohon yang kokoh dan dapat berguna bagi banyak orang.

“hutan terbentuk sangat baik dan tumbuh subur bilamana tidak ada manusia, dan karenanya tidak ada kehutanan. Dahulu kita tidak memiliki ilmu kehutanan dan kayu berkecukupan, skarang kita memiliki ilmu itu tetapi kayu tidak ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *