NEST 2018 (National Environomic and Social Talk)

Sumber : http://fmsc.lk.ipb.ac.id/2018/07/19/nest-2018-national-environomic-and-social-talk/

NEST (National Environomic and Social Talk) adalah salah satu program tahunan dari himpunan profesi Forest Management Students’ Club (FMSC) Institut Pertanian Bogor. Program ini sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2017 dengan nama kegiatan “Seminar Nasional Manajemen Hutan” yang diikuti oleh 12 tim finalis LKTI dari 5 provinsi terbesar di Indonesia.
Tahun ini, NEST mengusung tema “Peran Para Pihak dalam Mendukung Perhutanan Sosial”. NEST terdiri dari lomba esai nasional, seminar nasional, dan pemaparan hasil Environomic Sosial Maping (ESM) yang dilaksanakan di KPH Produksi Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi. Kegiatan Seminar Nasional dilaksanakan selama dua hari, terdiri dari presentasi lomba esai, city tour, dan Seminar Nasional. Kegiatan city tour dilaksanakan ke SABISA FARM yang berlokasi di Gunung Batu, Bogor Tengah dan bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman bagi para finalis mengenai salah satu unit Teaching Farm yang berada di Institut Pertanian Bogor (IPB).

LOMBA ESAI NASIONAL
NEST (NATIONAL ENVIRONOMIC AND SOCIAL TALK)

Lomba Esai Nasional adalah rangkaian kegiatan NEST (National Environomic and Social Talk) yang mengangkat tema “Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Hutan dalam Mendukung SDGs 2030”.

Lomba esai ini menawarkan hadiah yang menarik berupa:
a) Juara 1 : Uang tunai + Trophy + Medali + Sertifikat
b) Juara 2 : Uang tunai + Trophy + Medali + Sertifikat
c) Juara 3 : Uang tunai + Trophy + Medali + Sertifikat

Alur pendaftaran lomba esai dapat diakses dengan mengisi form pada link di bawah ini:
Setiap peserta (baik individu maupun kelompok) wajib melakukan pendaftaran pada form di bawah ini.
http://bit.ly/FORMULIR_ONLINE ( KLIK DI SINI
Tahap pendaftaran dan pengumpulan naskah akan dibuka pada 18 Juli – 25 Agustus 2018.
Peserta wajib mengirim naskah sesuai dengan ketentuan yang ada pada lampiran Buku Panduan yang dapat di download pada link berikut ini:
*karena buku panduannya harus diedit layout nya, nanti kalo udah diedit tolong kirim balik dulu ya berkasnya
Setiap ketua tim melakukan konfirmasi pengiriman naskah dengan format SMS: ESAI NASIONAL_(Nama Ketua Tim)_(Asal Perguruan Tinggi)_(Tiga Kata Pertama Judul Esai) ke nomor :
085261722612 (Diana Sianturi)
Peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp50.000/karya dan registrasi dibayar melalui rekening Bank BNI a.n. Diana Sianturi 039040386. Pembayaran dilakukan pada tanggal 18 Juli – 25 Agustus 2018.
Pengiriman karya tulis dalam bentuk softcopy beserta bukti pembayaran (scan) via email (semnasmnh2018@gmail.com) dilakukan pada tanggal 18 Juli – 25 Agustus 2018.
Pengumuman lolos finalis dilakukan pada tanggal 20 September 2018 melalui akun media sosial NEST 2018 dan follow-up melalui kontak finalis yang bersangkutan.
Peserta bersedia jika naskah yang telah dikirim dipublikasikan dalam bentuk buku.
Tim yang lolos seleksi naskah esai wajib mengikuti tahap presentasi yang akan dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor pada tanggal 13 Oktober 2018.
Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Timeline kegiatan seperti di bawah ini:
Pendaftaran dan pengumpulan esai (18 Juli – 25 Agustus 2018).
Penilaian esai (26 Agustus-18 September).
Pengumuman Finalis (20 September 2018).
Konfirmasi kedatangan finalis (20-25 September 2018).
Technical meeting dan penilaian presentasi finalis (13 Oktober 2018).
Seminar Nasional NEST dan pengumuman juara (14 Oktober 2018).

Hal-hal terkait perlombaan lebih lanjut dapat dilihat melalui Buku Panduan yang disediakan atau melalui CP yang tertera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *